Selasa, 13 Oktober 2015

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan
Anggapan masyarakat mengenai manfaat buah semangka mungkin hanya sebatas untuk pelepas dahaga serta untuk cuci mulut. Namun, sebenarnya buah semangka memiliki beragam kandungan nutrisi, yang mampu melindungi sel-sel tubuh, dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Kesegaran dan kelezatan semangka sangat cocok dinikmati ketika cuaca panas. Kandungan dalam semangka ini dapat menutrisi tubuh dengan berbagai jenis mineral dan juga vitamin, yang mampu menyegarkan kembali kondisi tubuh.

Perlu diketahui bahwa buah semangka ini terbentuk atas 92% air (wikipedia). Buah yang padat gizi ini juga memiliki antioksidan dan kalori rendah. Satu dari sekian banyak manfaat semangka ini, dapat meningkatkan kinerja sistem pembuluh darah ke mata dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Simak 7 manfaat buah semangka untuk kesehatan yang harus diketahui.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Kardiovaskular (peredaran darah)

Antioksidan sangat dibutuhkan jantung dan juga tulang. Likopen yang terdapat dalam semangka merupakan salah jenis antioksidan, yang bermanfaat untuk menjaga kinerja jantung dan tulang. Konsumsi semangka setiap hari dapat membantu meningkatkan aliran darah melalui vasodilatasi, sehingga membuat fungsi kardiovaskular mengalami peningkatan. Selain kaya kalsium, semangka juga memiliki likopen bermanfaat untuk menguatkan tulang, aktivitas osteoblas dan osteoklas (dua sel-sel tulang utama yang terlibat dalam osteoporosis) dapat dikurangi dengan menurunkan stres oksidatif, dan itu merupakan peran dari likopen.

Mengurangi Lemak Tubuh

Dalam semangka terdapat Citrulline yang berperan dalam mengurangi lemak tubuh. Citrulline merupakan asam amino yang telah diubah menjadi argini dengan bantuan ginjal. Kemampuan citrulline dalam menghentikan aktivitas jaringan fosfatase alkali, membuat produksi sel-sel lemak menurun. Dengan demikian dapat mencegah kelebihan lemak.

Meningkatkan Anti Inflamasi Tubuh

Buah semangka kaya akan senyawa fenolik, seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Semangka yang memiliki karotenoid ini sangat membantu mengurangi peradangan dan juga menetralisir radikal bebas. Tripterpenoid cucurbitacin E juga hadir dalam buah yang kaya air ini, sehingga dapat menghambat aktivitas enzim siklooksigenase, karena tubuh mengalami peningkatan anti inflamasi. Dimana enzim tersebut menyebabkan peningkatan inflamasi. Pastikan untuk memiliki semangka matang, karena kandungan senyawa fenolik lebih tinggi.

Untuk Meningkatkan Kinerja Ginjal

Diuretik alami dalam semangka dapat membantu meningkatkan aliran urin, dengan tidak memberikan beban pada ginjal. Manfaat buah semangka dapat mengurangi kadar asam urat yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Memelihara Otot dan Saraf

Kalium yang tinggi dalam semangka merupakan elektrolit alami, yang mampu membantu tubuh dalam memelihara fungsi otot dan saraf secara optimal. Dan kalium juga mengontrol perangsangan saraf dalam tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Semangka yang merupakan sumber beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Beta karoten tersebut dapat membantu menghasilkan pigmen pada retina mata, serta melindungi makula dari degenerasi, yang dapat menyebabkan rabun senja. Dan juga dapat menjaga kesehatan kulit, gigi, jaringan tulang dan selaput lendir.

Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Mencegah Kerusakan Sel

Jumlah vitamin C dalam semangka tidak kalah dengan buah jeruk. Vitamin C dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga melindungi sel-sel dari Spesi oksigen reaktif. Berbagai studi dilakukan terhadap vitamin C, yang berperan penting dalam penyembuhan luka, karena vitamin C membantu pembentukan jaringan ikat baru. Enzim yang terlibat dalam pembentukan kolagen (komponen utama penyembuhan luka) tidak dapat berfungsi tanpa vitamin C.

Dewasa ini banyak sekali beragam produk yang memberikan manfaat buah semangka. Tapi, sebaiknya kita mengkonsumsi buah semangka secara langsung. Agar tubuh kita bisa langsung merasakan khasiat dari manfaat buah semangka.

Pilih buah semangka yang benar-benar sudah matang. Caranya, tepuk buah semangka yang masih bulat, dan dengarkan bunyinya. Apabila suara yang keluar terasa berisi, maka buah semangka tersebut telah matang.

Sumber : livelovefruit, medicalnewstoday
Image courtesy of Harsha K R at flickr.com

2 komentar:

  1. Wow, sebanyak itukah kandungan air dalam buah semangka. Apa tidak salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akang bisa terjemahkan artikel http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=31#descr ini, pada bagian "Description". Disitu dijelaskan bahwa kandungan air dalam buah semangka sekitar 92%.

      Terima kasih atas tanggapan Akang.

      Hapus